Cara Investasi Saham Syariah, Dijamin Tanpa Riba

Hingga tahun 2019 kini, tren bermain saham masih saja disenangi terutama oleh kalangan pebisnis dengan rentan usia 20 hingga 30 keatas. Berinvestasi saham memang dinilai sangat menjamin kehidupan finansial Anda, apalagi bila sudah mahir dalam dunia tersebut. Namun, beberapa orang masih enggan untuk bermain saham lantaran merasa bertentangan dengan nilai-nilai agama.

Dengan kemunculan produk finansial yang berlandaskan syariah ini, tentunya akan memudahkan setiap orang yang ingin bermain saham tanpa meniadakan prinsip agama. Umumnya saham syariah ini tidak jauh berbeda dengan saham konvensional. Hanya saja, saham syariah mengharuskan perusahaan-perusahaan yang tergabung didalamnya menganut prinsip syariah. Lantas, bagaimana cara investasi saham syariah yang baik? Simak penjelasannya dibawah ini.

Apa itu Saham Syariah?

Dilansir dari berbagai sumber yang ada, saham syariah merupakan saham yang mana menganut prinsip-prinsip syariah. Prinsip tersebut adalah hasil kesepakatan antara pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Tanpa adanya kesepakatan dari dua pihak lembaga tersebut, maka tidak akan tercetus Keputusan Ketua Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan No. KEP-208/BL/2012 mengenai Kriteria dan Penerbitan Daftar Efek Syariah.

Sistem Bagi Hasil Saham Syariah

Penggunaan prinsip syariah membuat sistem bagi hasil saham ini dinilai tidak riba dalam ketetapannya. Karena pada saham syariah ini, hasil yang Anda dapat bukan dalam bentuk bunga. Melainkan murni dengan cara sistem bagi hasil. Sehingga ada 2 kemungkinan yang terjadi bila menggunakan sistem bagi hasil syariah ini.

Pertama, Anda akan mendapatkan sebagian keuntungan dari perusahaan bila perusahaan tersebut sedang berkembang pesat. Kedua, Anda juga bisa mengalami risiko kerugian yang besar bila perusahaan sedang mengalami masa kehancuran.

Kriteria Saham Syariah

Dalam kriteria saham syariah, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh pihak emiten. Salah satunya pihak emiten tidak diperbolehkan melakukan kegiatan usaha yang tidak sesuai dengan prinsip syariah. Kegiatan usaha yang dilarang itu seperti melakukan perjudian dan hal lainnya yang dianggap judi, bertransaksi dengan unsur risywah, produksi jasa atau barang yang bersifat mudarat.

Keunggulan Investasi Saham Syariah

Berbagai keunggulan bisa Anda dapatkan dari berinvestasi saham syariah. Mulai dari label halal yang telah diberikan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) hingga memperoleh keuntungan melalui capital gain ataupun dividen. Apalagi bila setiap tahunnya, saham yang dimiliki mencapai target harga.

Cara Investasi Saham Syariah

Umumnya, cara investasi saham syariah tidak jauh berbeda dengan saham konvensional. Saham syariah menggunakan prinsip yang berlandaskan syariah, sedangkan saham konvensional tidak. Pastikan Anda membaca dan mempelajari secara cermat mengenai cara-cara investasi saham syariah, agar nantinya tidak merugi.

Hal pertama yang harus Anda lakukan ketika akan bermain saham syariah adalah mencari informasi yang jelas mengenai perusahaan mana saja yang menyediakan fasilitas investasi saham syariah. Anda dapat mengecek daftar perusahaan tersebut melalui Daftar Efek Syariah yang telah di publish pihak OJK. Hanya perusahaan yang telah mengantongi izin OJK lah yang aman dan terpercaya untuk menginvestasi saham Anda disana.

Selanjutnya hal yang perlu Anda lakukan adalah memiliki rekening saham. Hal tersebut bisa Anda lakukan setelah menentukan perusahaan mana yang dipercayakan sebagai tempat untuk menyimpan saham. Usahakan untuk membuat rekening saham melalui online, sehingga Anda tak perlu lagi repot mendatangi perusahaan sekuritas tersebut.

Intinya, investasi saham syariah memang sangat menggiurkan. Apalagi untuk Anda yang memang menyenangi dunia saham dan ingin mencoba berinvestasi dengan prinsip syariah. Tak perlu lagi takut riba, karena sistem bagi hasilnya yang sesuai.

Informasi lainnya mengenai investasi saham juga bisa Anda temukan melalui https://www.cekaja.com/investasi/news/130159-langkah-langkah-cara-berinvestasi-saham.html. Disana Anda bisa menemukan cara-cara investasi saham konvensional yang pastinya mudah untuk diikuti. Selain itu melalui laman situs CekAja.com, Anda akan menemukan berbagai informasi seputar finansial. Jadi tunggu apalagi? Segera cari informasi seputar finansial hanya di CekAja.com

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *