Ini Lah 4 Keuntungan Jadi Atlet Esport

Apakah anda tahu bahwa sekarang ada kategori olahraga elektronik atau biasa disebut esport? Ya, pemainnya pun kini disebut atlet esport dan semakin populer terutama di kalangan anak muda.

Sebenarnya, esport adalah jenis olahraga yang mempertandingkan atletnya dalam bermain game online. Dalam satu pertandingan biasanya terdiri dari beberapa tim, yang mana dalam setiap satu timnya terdiri dari tiga sampai lima orang.

Tidak heran jika anak muda penggila game online sangat ingin menyeriusi hobinya itu menjadi sebuah profesi profesional.

Namun, masih banyak pula yang menganggap keminatan anak muda pada bidang ini tak perlu didukung. Karena bermain game selalu dicitrakan sebagai kegiatan yang tidak penting atau pun tidak perlu untuk dilakukan.

Kenapa Disebut Olahraga Elektronik?

Lalu bagaimana bisa sebuah permainan atau game online sebut sebagai salah satu cabang olahraga? Serta bagaimana pemainnya disebut sebagai atlet? Ketetapan pengkategorian bermain game online menjadi sebuah bidang olahraga elektronik memiliki alasan tersendiri.

Di antaranya, esport tidak hanya tentang bermain game online seperti sebuah hobi. Para atletnya, menekuni esport secara serius dan melibatkan kegiatatan fisik, Hal ini berbeda dengan gamer yang hanya bermain game sesuka hati atau sekadar hobi.

Menjamurnya tren bermain esport pun kini disokong oleh dukungan pemerintah Indonesia. Misalnya, pada tahun 2017, salah satu BUMN Indonesia menjadi sponsor untuk tim atlet esport yang bertanding di luar negeri untuk kejuaraan esport tingkat dunia (antar-negara).

Selain itu, pada Maret 2019 lalu, pemerintah melalui Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) menggelar Piala Presiden Esports 2019. Dimana kompetisi itu menandingkan tim-tim terbaik dari beberapa provinsi di Indonesia, kemudian juara provinsi memperebutkan piala tingkat nasional. Hadiahnya pun tak tanggung-tanggung, tim yang meraih Juara I Piala Presiden Esports 2019 mendapat uang Rp 400 juta.

Bermain game baik secara serius maupun hanya sekadar hobi, memang kerap dianggap sebelah mata. Padahal, ada banyak keuntungan dan keseruan yang bisa dirasakan jika kamu menjadi atlet esport. Simak infonya berikut ini!

Disiplin Waktu

Lupakan persepsi tentang bermain game tanpa kenal waktu. Sebab, hal itu hanya dilakukan oleh gamer biasa, bukan profesional. Seperti layaknya atlet olahraga, para atlet esport dilatih untuk disiplin akan waktu, termasuk waktu berlatih bermain game.

Mereka juga dibiasakan untuk mengikuti latihan fisik tertentu yang membantunya mengasah konsentrasi otak. Mengingat bermain esport membutuhkan konsentrasi dan fokus otak yang tinggi dalam mengatur strategi permainan.

Punya Penghasilan Besar

Menjadi atlet esport sangat menjanjikan jika berbicara soal penghasilan. Mengacu pada hadiah Piala Presiden Esports 2019, jika sebuah tim menjuarai sebuah kompetisi esport tingkat nasional, setidaknya satu atlet bisa mengantongi Rp 25 juta sampai Rp 100 juta, tergantung meraih juara ke berapa.

Kemudian, tim terkenal juga akan mendapat bayaran untuk sekali tampil bermain di sebuah acara. Bayaran itu berada di kisaran Rp 1 juta hingga Rp 4 juta untuk masing-masing atlet.

Belum lagi jika seorang atlet esport mendapat bayaran dari iklan yang terpajang di konten media sosial seperti Youtube atau Instagram miliknya. Selain itu, ada juga sumber penghasilan endorsement yang tak kalah besar.

(Baca juga: Ini Penghasilan Atlet Esport. Bikin Kaget!)

Hobi yang Jadi Profesi

Siapapun pasti ingin menggeluti hobinya menjadi profesi yang menghasilkan uang. Kebahagiaan pasti akan terasa berlipat jika anda mampu mendapatkan kesempatan itu. Demikian halnya dengan menjadi atlet esport.

Selain membahagiakan diri dengan bermain game online secara profesional, anda juga sembari mendapatkan pundi-pundi untuk kantong anda. Sungguh menyenangkan, bukan?

Bertanding di Berbagai Negara

Tidak hanya di dalam negeri, pertandingan esport juga bisa membawa anda menjelajahi dunia. Selain berkesempatan meraih gelar juara, tim juga bisa memiliki pengalaman traveling ke luar negeri saat bertanding.

Untuk gelaran kompetisi esport di luar negeri, umumnya tim atlet esport akan mencari sponsor yang berkenan mendukungnya di kompetisi tersebut. Jika keahlian tim atlet esport terpercaya, maka bukan tidak mungkin perusahaan ternama akan mendukung tim anda.

Itu lah keuntungan jika anda menjadi atlet esport. Untuk tahu alasan di balik menjanjikannya jadi atlet esport, silahkan klik link berikut: https://www.cekaja.com/info/5-alasan-mengapa-jadi-atlet-e-sport-sangat-menjanjikan/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *