Apakah Kredit Mobil Tanpa DP Lebih Murah?

Artikel ini akan membahas tentang kredit mobil murah tanpa DP. Kredit Tanpa DP dihadirkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai solusi untuk mengkredit tanpa harus menunggu untuk mengumpulkan dana untuk membayar DP. Sebenarnya kredit tanpa DP ini lebih sering digunakan untuk mengkredit rumah, karena untuk mengkredit rumah dibutuhkan DP yang cukup besar sehingga akan memakan waktu cukup lama bagi Anda yang memiliki penghasilan menengah untuk mengumpulkan dana untuk membayar DP tersebut. Tetapi, kredit tanpa DP ini sendiri sekarang mulai merambah ke kredit kendaraan bermotor. Walaupun kredit kendaraan bermotor memiliki DP yang lebih ringan, namun kredit tanpa DP ini bisa menjadi solusi kredit yang dapat membantu banyak orang yang memiliki penghasilan menengah ke bawah untuk mendapatkan kendaraan bermotor impian mereka.

Hingga muncul satu pertanyaan, apakah kredit mobil tanpa DP benar-benar lebih murah? Itu semua tergantung dari mobil yang Anda akan kredit. Semakin murah mobil yang Anda kredit, maka semakin ringan angsuran yang harus Anda bayar. Sebelum Anda mengajukan kredit mobil tanpa DP, ada baiknya Anda menyimak hal-hal berikut:

Kredit Mobil Tanpa DP Membuat Angsuran Lebih Berat

Yang membuat angsuran lebih berat adalah karena tidak adanya DP yang membantu meringankan angsuran, sehingga kredit yang Anda ajukan bernilai 100% dari harga mobil tersebut. Nah, yang dikhawatirkan adalah ketika angsuran tersebut menghabiskan hampir separuh dari penghasilan Anda sehingga Anda tidak dapat menyisihkan dana tersebut untuk keperluan lain. Maka dari itu, bijaklah dalam mengajukan kredit mobil.

Tenor Kredit Mobil Tanpa DP Biasanya Maksimal 4 Tahun

Anda pasti biasa ditawarkan dengan kredit dengan Tenor hingga 6 tahun, itu jika Anda mengajukan kredit dengan membayar DP. Untuk kredit tanpa DP, biasanya Tenor yang ditawarkan maksimal hanya 4 tahun, jika ditambah dengan jumlah cicilan yang lebih besar, tentu Anda harus berhati-hati dalam mengatur pengeluaran. Salah-salah, Anda malah tidak memiliki cadangan dana darurat sehingga rawan mengalami kredit macet.

Nah, untuk mengakali masalah di atas, simak tips berikut jika Anda ingin mengkredit mobil murah tanpa DP:

Pikirkan Terlebih Dahulu Kebutuhan Mobil dan Kemampuan Finansial Anda

Hal ini adalah hal yang krusial, karena Anda harus mencari keseimbangan antara fitur dan harga dari sebuah mobil. Jika Anda mengkredit mobil untuk keperluan mengangkut barang, tentu Anda tidak akan membutuhkan fitur jok berpenampilan sporty. Apalagi jika Anda hanya membutuhkan mobil untuk membawa keluarga berekreasi, tentu fitur 2-seat dengan mesin V8 Turbocharger bukanlah untuk Anda. Memilih mobil yang sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial Anda, akan menyelamatkan Anda dari penyesalan di kemudian hari. Jadi, bijaklah dalam menentukan kendaraan yang akan Anda kredit.

Baca Juga, Strategi Penting bagi Karyawan Untuk Mengumpulkan Biaya Umroh

Carilah Tipe Termurah dari Merek Mobil yang Akan Anda Kredit

Anda telah menentukan kebutuhan apa yang harus dimiliki dari mobil yang akan Anda kredit. Sekarang, saatnya Anda membandingkan harga mobil dari tiap merk yang ada. Tentu Anda tidak bisa memenuhi semua kebutuhan Anda dalam memiliki sebuah mobil, tapi carilah mana tipe mobil yang memiliki hampir semua yang Anda butuhkan. Umumnya, mobil bertipe Low Cost Green Car (LCGC) memiliki harga yang paling murah di antara seluruh line-up mobil tersebut. Jadi, tidak ada salahnya untuk melirik mobil Low Cost Green Car (LCGC) ini untuk Anda pinang.

Jika Harga Mobil Baru Lebih Mahal, Carilah Mobil Bekas, Terutama dari Penggunanya Langsung

Mobil bekas selalu menjadi alternatif jika ingin memiliki mobil murah. Harga jualnya yang bisa di bawah Rp 100.000.000 pasti akan membantu Anda untuk mengkredit mobil tanpa DP. Dalam mencari mobil bekas, pastikan Anda membeli dari penggunanya langsung. Hal ini memungkinkan Anda mendapatkan mobil dengan harga yang sangat murah, terutama jika pengguna tersebut membutuhkan dana dalam waktu cepat. Periksa juga kondisi mobil sebelum Anda beli untuk menghindari Anda untuk bolak-balik ke bengkel.

Pilih Bank atau Leasing yang Menawarkan Bunga Paling Rendah

Ini juga penting, karena bunga yang tinggi bisa membuat angsuran yang harus Anda bayarkan menjadi lebih tinggi juga. Untuk itu, penting untuk mengecek fitur produk kredit kendaraan bermotor tanpa DP yang ditawarkan tiap-tiap bank atau leasing sebelum Anda mengajukan kredit di sana.

Nah, itulah beberapa tips untuk mengkredit mobil murah tanpa DP. Untuk informasi lain seputar kredit kendaraan bermotor, silahkan kunjungi https://www.cekaja.com/kredit-kendaraan-bermotor/ untuk mendapatkan penawaran terbaik untuk solusi kredit kendaraan bermotor Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *